Informasi Terbaru ITB pada SNMPTN 2013


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya lewat akun twitter @AkuMasukITB, tidak akan ada lagi SNMPTN tertulis ataupun ujian saringan masuk di ITB Untuk tahun depan. Proses penerimaan mahasiswa baru ITB 2013 Hanya akan melalui penjaringan prestasi akademik (SNMPTN undangan) dengan kuota 60% dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan TInggi Negeri (SBMPTN) yang akan diadakan setelah ujian nasional (UN) dengan kuota 40%. Jalur SBMPTN tersebut sebagai pengganti SNMPTN tulis yang diadakan pada dua tahun terakhir.

Penjaringan prestasi akademik (PPA) akan diselenggarakan hingga awal Februari. Data semua siswa SMA mulai dari kelas X harus diisikan secara rutin setiap tahunnya. Teknis dari seleksi ini dapat dibaca lebih detil pada SNMPTN 2013. Hal terpenting dari tahap seleksi ini adalah kejujuran tiap sekolah. “Jika ketahuan memasukkan data palsu, sekolah tersebut akan terkena blacklist sehingga akan merugikan lulusan tahun berikutnya,” tutur Yuli Setyo Indartono dari kasubdiv penjaringan mahasiswa baru ITB pada presentasinya di forum silaturahmi paguyuban ITB lalu.

Untuk SBMPTN sendiri, tidak dinamakan SNMPTN Kembali karena seleksi ini merupakan seleksi berbayar. Jadi para peserta dikenakan biaya pendaftaran pada SBMPTN. Untuk teknis lebih lanjut, baru akan dikeluarkan akhir Januari nanti. Bagi universitas lain, mungkin ada jalur mandiri seperti SIMAK atau UM, tetapi di ITB tidak akan ada yang seperti itu.

Persyaratan Fakultas dan Sekolah

Tidak ada yang berbeda untuk persyaratan tiap-tiap fakultas pada 2013. Semua fakultas dan sekolah di ITB dapat dimasuki oleh bidang IPA. Siswa dengan bidang IPS dapat memilih FSRD dan SBM sedangkan bidang Bahasa dapat memilih FSRD. Untuk persyaratan buta warna pun demikian. Fakultas FITB, FSRD, FTTM, SF, dan SITH tidak dapat dimasuki siswa yang buta warna parsial dan total. Syarat buta warna yang sama diberlakukan untuk jurusan Kmia, Teknik Kimia, dan Teknik Lingkungan pada tahap penjurusan TPB.

Program Studi Baru

Untuk 2013 nanti, tidak ada penambahan fakultas ataupun sekolah. Hanya saja ITB kembali membuka 3 program studi baru yang dapat dimasuki mulai tahun depan. Ketiga program studi tersebut adalah:

  • Kewirausahaan dari SBM
  • Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air dari FTSL
  • Rekayasa Infrastruktur Lingkungan dari FTSL

Ketiga program studi tersebut juga termasuk pada program studi yang memiliki jalur peminatan bersama dengan program studi Astronomi, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan, Meteorologi, dan Oseanografi. Untuk jalur peminatan sendiri, akan tetap dikenakan BPPM dan BPPS sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk ketiga program studi terbaru juga, saat penjurusan akan berkuliah di kampus ITB Jatinangor.

Informasi Beasiswa

Beasiswa yang ada di ITB pun masih belum berubah. Banyak berbagai macam beasiswa prestasi yang bisa didapat setelah masuk ITB. Bidik Misi pun masih akan ada dengan kuota yang mungkin melebihi tahun sebelumnya. Total yang dapat beasiswa penuh pada tahun 2012 bisa sekitar 900 orang jika ditambah dengan beasiswa Pemprof.

Jika untuk tahun 2012 kuota penerima Bidik Misi adalah 800 orang, di 2013 mungkin bisa bertambah. Sebenarnya beasiswa tersebut mudah untuk didapatkan mengingat sulitnya ITB dalam menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan Bidik Misi. Tahun lalu saja, dari 800 kuota yang dialokasikan, hanya 450 penerima saja yang lolos verifikasi. Hal ini utamanya disebabkan oleh kurangnya informasi yang tiba di sekolah-sekolah. Syarat untuk penerima Bidik Misi sendiri antara lain penghasilkan 3 juta dengan biaya perkapita Rp 600.000, maksimal pendidikan orangtua S1, dan anak PNS pun boleh ikut. Tidak ada kuota tiap sekolah. Ada sekolah yang sulit memberikan surat rekomendasi untuk siswa tapi ada juga sekolah yang mudah sekali memberikan surat rekomendasi walaupun siswa tersebut dinilai mampu.

Beasiswa Bidik Misi pun kini menjadi satu-satunya beasiswa unggulan di ITB mengingat tidak ada lagi BIUS (Beasiswa ITB untuk Semua) semenjak 2012. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan mitra yang biasa menjadi donatur untuk BIUS Kini memilih untuk memberikan beassiwanya atas nama lembaga sendiri. Jadi, banyak beasiswa di ITB sebenarnya tidak berubah, hanya pemberinya saja yang bergonta-ganti. Untuk masalah beasiswa pun, saat sudah masuk di ITB, seorang mahasiswa boleh menerima 2 jenis beasiswa asal kumulatifnya tidak melebihi 950 ribu rupiah.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di ITB Mencapai 27 juta rupiah per tahun untuk setiap mahasiswa berdasarkan survey dari DIKTI. Rincian biaya tersebut terbagi kedalam BPPM dan BPPS. BPPM (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan di Muka) dibayarkan sekali saja saat registrasi. Untuk tahun 2012, besar biaya ini adalah 55 juta rupiah dan 80 juta rupiah untuk SBM. Besar dari BPPM ini berpotensi turun pada 2013. Jika ingin mengajukan penangguhan, pendaftar dapat memilih untuk hanya membayar 0%, 20%, 40%, 60%, 80%, atau 100% dari BPPM. Subsidi tersebut diberikan berdasarkan penghasilan orang tua. Untuk BPPS (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan Semester) pada tahun 2012, besarnya adalah 5 juta rupia per semester. Untuk SBM, biaya ni mencapai Rp 750.000 per SKS. Selain BPPM dan BPPS, ada juga biaya program matrikulasi sebesar Rp 1.200.000 untuk jalur undangan dan Rp 750.000 untuk jalur SNMPTN tulis. Informasi nominal tersebut bersumber dari penerimaan mahasiswa baru tahun 2012.

Kontak

Informasi lebih lanjut bisa didapat melalui Subdit Penjaringan Mahasiswa ITB, Jalan Tamansari 64 Bandung. Alamat email: usmitb@pusat.itb.ac.id. Telepon/fax: 022-2508519.

Panitia Aku Masuk ITB 2013 juga menyediakan media informasi mengenai penjaringan dan kisah-kasih kehidupan di ITB di grup facebook Aku Masuk ITB dan twitter @AkuMasukITB. Selain itu kami juga menyediakan booklet Surat Cinta untuk Indonesia yang dapat diakses disini (dalam format .rar, 17 MB sebelum ekstraksi). Di booklet tersebut berisi informasi mengenai beasiswa, cerita kehidupan di ITB, fasilitas ITB, dan acara utama Aku Masuk ITB yang akan diselenggarakan bulan Maret nanti. TIdak lupa kami juga menyertakan sayembara menarik di booklet tersebut.

Sumber:

  1. Presentasi rektorat di forum paguyuban dan AMI 2013
  2. Panitia Aku Masuk ITB 2013

About Aditya

just a new blogger

Posted on 27 December 2012, in Education, News and tagged , , , . Bookmark the permalink. 25 Comments.

  1. “Untuk beasiswa anak berkebutuhan khusus, besarnya mencapai Rp750.000 per siswa per tahun. Biasanya, kepada siswa, kami arahkan penggunaan beasiswa tersebut untuk membeli sarana tambahan belajar. Misalnya, siswa tuna rungu untuk membeli tambahan papan huruf ’braille’ agar bisa belajar di rumah,” katanya.

  2. Reblogged this on #meaningful and commented:
    informasi ini saya reblog dari newadith.wordpress.com. semoga bermanfaat untuk adik-adik SMA yang ingin masuk ITB tahun 2013. selamat berjuang!!!

  3. Pendidikan yang berkualitas itu hakekatnya memang mahal, pertanyaannya siapa yang akan menanggung biaya pendidikan tersebut? Dalam kasus Indonesia, rakyatlah yang juga dibebankan untuk membiayai kuliah kita.

  4. aku boleh tanya ga??
    Nilai rata” nya kira’ berapa ya?? trus dilihat lwat rengking d skolah juga ga? kalau buat PPA syarat2nya ap aja kak??

    Terimakasih :)

  5. Aq mau nanyak kak.
    Emank koq dri ips gk bisa ikutan jalur snmptn itu kak??
    Mohon bantuannny ya kak

  6. Kak, mau nanya kalo untuk jurusan baru kewirausahaan SBM itu yg pake jalur peminatan biaya nya sama dgn yg jalur snmptn undangan biasa ga? Makasih :)

  7. Nida Shofiyah

    kak mau nanya, kalo BPPM 2013 udah ada blm ya, aku nyari tapi adanya yg thn kmrn.. kalo ada aku bsa dptin di mana ya kak?? makasih kak :)

    • Meirina Suci Ridha

      aku juga barusan nyari tapi nggak ada, linknya juga hilang padahal kemarin linknya masih ada tapi nggak aktif, sekarang malah hilang

  8. apakah untuk program studi FTMD menerima siswa yang mengikuti SNMPTN melalui bidikmisi?

  9. Kak mo nanya ?
    Apa siswa sma butawarna parsial gk bisa kuliah agronomi ?

  10. untuk lulusan SMKN jurusan otomotif bisa nggak masuk ITB dan fakultas apa yang mesti dipilih?

  11. permisi mau nanya, saya masih kurang jelas di statement “Semua fakultas dan sekolah di ITB dapat dimasuki oleh bidang IPA. Siswa dengan bidang IPS dapat memilih FSRD dan SBM .” yang saya dapat disini adalah FSRD dan SBM juga bisa dimasuki oleh bidang IPA, apakah itu benar? mohon pencerahannya, terima kasih.

  12. mw nnya kak’… klo Lulusan SMK bisa masuk FMIPA (Astronomi) ngga’ kak..??

  13. Peminat beasiswa bidik misi (biaya kuliah biaya hidup) dapat mendaftarkan diri ke sekolahnya masing-masing. Untuk selanjutnya kepala sekolah mendaftarkan siswa tersebut sebagai calon penerima beasiswa bidikmisi. Setelah pendaftar tersebut diterima barulah berkas-berkas yang diperlukan –jika ada—akan diminta. Begitu pula dengan beasiswa lain yang diselenggarakan oleh ITB.

  14. 6. Kalau BPM sudah “beres”, maka tinggal mencari beasiswa untuk membayar BPP. Di sini banyak tersedia beasiswa, misalnya beasiswa ITB untuk semua (BIUS http://www.itbuntuksemua.com ).

  15. Kalo pake jalur undangan persyaratannya apa aja?
    Makasih :)

  16. Permisi ka mau nanya…Kalo untuk jalur ini ada persyaratan nilai minimumnya gak?
    Tolong bantuannya yah kak :)

  17. Terimakasih. Informasi jelas.

  18. Assalamu’alaikum
    Saya dari Jurusan IPS kak, tapi pengen banget masuk jurusan Tekhnik Kebumian ITB, kira2 bisa gak ya ?
    Modalnya saya sertifikat KSM Nasional sama tekad aja
    Soalnya ITB saya denger sarangnya anak2 IPA yang hebat, nah saya dari IPS bisa bersaing gak ya kak ?
    Terus cara persiapannya harus kayak gimana ?
    Jawab ya kak :) Makasih
    Semoga saya bisa jadi adik kelas kakak #ngarep ;)

  19. Ass.
    Saya jurusan teknik kimia SMKN 2 kak,apakah saya bisa melanjutkan ke ITB dengan jurusan yang sama?

  20. Aku juga pengen dong masuk ITB lewat jalur peminatan Nah nilai saya tuh 1-5 cuman 79 dan pengen masuk FITB kira-kira masuk engga ?

  21. nurin najma

    berarti gak boleh lintas jurusan dong kak kalau lewat jalur snmptn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,713 other followers

%d bloggers like this: